DALAM rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata di Indonesia yang mampu berdaya saing global, khususnya di wilayah ASEAN, Kementerian Pariwisata telah melakukan berbagai sertifikasi profesi bidang pariwisata di seluruh Indonesia.

Guna mempercepat program sertifikasi profesi tersebut, Kemenpar telah menunjuk Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) untuk membantu agar kualitas dan standar kompetensi SDM pariwisata itu nantinya dapat memenuhi klasifikasi tenaga kerja di kawasan Asia Tenggara.

Berdasarkan keterangan yang diterima, Sabtu (10/2), Kepala UPT Humas Universitas Negeri Jakarta, Asep Sugiarto, mengutarakan LSP Pramindo sebagai LSP bidang pariwisata menggandeng Program Studi Diploma 3 Perjalanan Wisata Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai Tempat Ujian Kompetensi (TUK) yang diselenggarakan hari ini.

Adapun pelaksanaan TUK digelar di Gedung Fakultas Ilmu Sosial UNJ. Kegiatan uji kompetensi ini sepenuhnya dibiayai penuh oleh Kemenpar. Jumlah peserta atau sesi sebanyak 76 orang yang merupakan mahasiswa dan alumni dari Prodi Perjalanan Wisata UNJ dengan asesor sebanyak 8 orang dengan skema kompetensi bidang Operasional Tur (Tour Operation), seperti ticketing, tour planning, dan guiding.

Menurut Asep, salah satu alasan mengapa mahasiswa Prodi D3 Perjalanan Wisata UNJ mendapatkan uji kompetensi profesi secara cuma-cuma, lantaran prestasi prodi ini yang berhasil meraih Akreditasi A pada 2016 lalu.

“Selain itu, terjalinnya relasi yang baik antara para dosen prodi dan asosiasi profesi juga turut mendorong terlaksananya uji kompetensi ini,” pungkas Asep. (RO/OL-2)

Source: https://mediaindonesia.com/read/detail/144829-76-mahasiswa-unj-ikuti-uji-kompetensi-dari-kemenpar

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?