Pemandangan Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan, Sembalun, Lombok. (Republika/Wihdan Hidayat)

Sertifikasi sudah dilakukan terhadap pemandu gunung secara bertahap.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM — Gunung Rinjani merupakan salah satu destinasi andalan di Nusa Tenggara Barat (NTB). Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Agus Budi Santosa perlu peningkatan kualitas pemandu gunung seperti porter dan guide.

“Pemandu gunung yang telah terdata sejumlah 1.059 orang berupa guide dan porter,” ujar Agus di Mataram, NTB, Selasa (30/1).

Agus menyampaikan, Balai TNGR sendiri telah melakukan uji kompetensi pemandu gunung sejak Oktober 2017. Agus melanjutkan, kegiatan sertifikasi dilakukan setelah pelaksanaan bimbingan teknis yang dilaksanakan Balai TNGR dan Dinas Pariwisata NTB secara bertahap di Resort Senaru dan Resort Sembalun. Kegiatan sertifikasi sendiri difasilitasi Kementerian Pariwisata dan dilaksanakan Badan Nasional Sertifikasi profesi (BNSP) dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo.

“Berdasarkan hasil pengujian dan penilaian portofolio yang dilakukan assesor LSP Pramindo, dari 192 peserta uji kompetensi yang dinyatakan kompeten sejumlah 188 orang dengan rincian 183 orang pemandu gunung level muda, 4 level madya, 1 orang level ahli,” kata Agus menambahkan.

Source : https://republika.co.id/berita/p3ctbb328/gunung-rinjani-data-pemandu-pendakian

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?