Peserta sertifikasi SDM kemaritiman – uji kompetensi pemandu wisata selam di Labuan Bajo. FOTO: DOK.MARITIM.GO.ID

Labuan Bajo – Kementerian Koordinator Bidang kemaritiman (Kemenko Maritim) terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) kemaritiman. Salah satunya dengan memfasilitasi uji kompetensi pemandu wisata selam di Labuan Bajo.  Kegiatan Fasilitasi Percepatan Kebijakan Sertifikasi SDM Kemaritiman – Uji Kompetensi Pemandu Wisata Selam ini berlangsung 23 hingga 25 September 2018.

Deputi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin mengatakan, Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi wisata strategis masih memerlukan perbaikan tidak hanya dari infrastruktur. Melainkan juga kualitas sumber daya manusia.

“Kita harapkan guide diver khususnya di Labuan Bajo ini harus tersertifikasi (sertifikasi pemandu wisata selam) profesional,” ujarnya.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, Kemenko Maritim melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata, Balai Taman Nasional Komodo, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Pramuwisata Indonesia (Pramindo). Selain itu, koordinasi dengan Pemerintah Daerah Manggarai Barat dan komunitas diver guide Labuan Bajo.

Labuan Bajo sebagai pintu masuk ke Taman Nasional Komodo. Kawasan ini terletak di pertemuan dua samudera. Taman Nasional Komodo mempunyai serangkaian pulau berbukit yang dramatis, rumah bagi fosil hidup komodo yang hanya ada satu-satunya di dunia.

Kekayaan alam dan kehidupan laut di Labuan bajo cukup spektakuler dan beragam. Termasuk ikan pari manta, penyu dan mola-mola. Dengan keindahan terumbu karang dan ragam biota laut yang beraneka ragam, lokasi selam di sekitar Labuan Bajo digadang sebagai salah satu dive site terbaik di dunia.

Kepala Bidang Pendidikan Kemaritiman Kemenko Maritim Rofi Alhanif mengatakan, kegiatan sertifikasi bagi pemandu wisata selam akan berlangsung selama dua hari. Terdapat 10 assessor dari LSP Pramindo dan Asosiasi Selam. Kegiatan ini diikuti 40 orang pemandu selam di Labuan Bajo.*

Source : https://darilaut.id/berita/kemenko-maritim-dorong-peningkatan-kualitas-sdm-kemaritiman

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?