Surabaya, KabarGRESS.com – Lembaga Sertifikasi Profesi Pramuwisata Indonesia (LSP Pramindo) menggandeng Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Indonesian Tours Leaders Assosiation (ITLA) Jatim menggelar uji kompetensi bagi para tour leader (pimpinan perjalanan wisata), berlangsung di Hotel Dafam Pacific Caesar Surabaya, Jalan Dr. Ir. H Soekarno No. 45C, Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (25/8/2018). Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB dan berlangsung sehari penuh tersebut dibuka secara resmi Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur, Suriaman SH, MSi.

“Ini uji kompetensi tour leader yang kedua kalinya kami gelar di Jatim. Pada 2015 lalu ada 30 tour leader yang mengikuti uji kompetensi dan hari ini kami menguji kompetensi sebanyak 50 tour leader,” ungkap Direktur LSP Pramindo, Sri Suryani, S Pd, MM, ditemui di sela-sela kegiatan.

Menurut Sri, para peserta kali ini tidak dipungut biaya sama sekali karena mendapatkan fasilitas subsidi dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Kemudian ada 5 Asesor yang bertugas menguji para tour leader hari ini. Ditambah lagi satu Lead Asesor yang mengawasi jalannya uji kompetensi. “Ada kuota dari Kementerian Pariwisata RI sebanyak 50 tour leader untuk mengikuti uji kompetensi di Jawa Timur,” tukasnya.

Mereka kebanyakan para tour leader freelance yang ingin lolos mendapatkan sertifikasi dari negara. “Diantara syarat mengikuti uji kompetensi, mereka sudah pernah sedikitnya 3 kali membawa rombongan wisatawan ke luar negeri. Disamping itu mereka juga harus tergabung di sebuah asosiasi sepeti ITLA,” tambah Wakil Ketua DPD ITLA Jatim, Robert Sanjaya, saat mendampingi Sri Suryani.

Mereka para peserta uji kompetensi, lanjut Sri, akan melewati berbagai tes diantaranya demonstrasi, tes lisan, tertulis dan porto folio. “Kami dari LSP Pramindo terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas para tour leader di seluruh Indonesia, tentunya dengan uji kompetensi seperti ini. Mereka tour leader harus memenuhi persyaratan baik skill, knowledge terlebih attitude,” timpal Sri.

Secara nasional, sudah ada sekitar 500 tour leader yang telah dicetak LSP Pramindo. Mereka telah menjadi sosok-sosok pimpinan perjalanan wisata bersertifikasi untuk mendampingi rombongan tour ke seluruh destinasi wisata di luar negeri.

Adapun unit uji kompetensi bagi Tour Leader (Pimpinan perjalanan wisata) sesuai Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), meliputi:

1. Melakukan persiapan tour
2. Mengkoordinasikan jadual persiapan
3. Mengembangkan pengetahuan destinasi
4. Mengatur saat keberangkatan
5. Mengatur saat transit
6. Mengatur saat tiba
7. Mengatur saat di kendaraan
8. Mengatur saat check in dan check out di hotel
9. Mengatur peserta saat tur
10. Mengelola tur tambahan
11. Mengatur perpindahan moda transportasi
12. Mengelola permasalahan yang tidak terduga
13. Menangani keluhan peserta selama tur
14. Mengelola laporan tur

Source : http://kabargress.com/2018/08/25/lsp-pramindo-gandeng-dpd-itla-jatim-gelar-uji-kompetensi-tour-leader/

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?