BANDA ACEH – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo Jakarta menjadi asessor (penguji) terhadap 125 pramuwisata Banda Aceh dan Aceh Besar, 6-7 Mei 2016 di Hotel Rasamala, Seutui, Banda Aceh. Kegiatan sertifikasi kompetensi bidang kepemanduan wisata itu kerjasama Kementerian Pariwisata RI, LSP Pramindo, dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Ketua LSP Pramindo, Sri Suryani yang juga menjadi penguji dalam sertifikasi itu mengatakan, sertifikasi tersebut merupakan yang ke-2 kalinya di Aceh setelah beberapa waktu lalu di Aceh Jaya. “Sebanyak 75 pramuwisata di Aceh Jaya sudah disertifikasi. Kali ini 125 pramuwisata di Banda Aceh dan Aceh Besar ikut uji kompetensi,” ujarnya, Jumat kemarin.

Menurut Sri, sertifikasi kompetensi pramuwisata dilakukan sejak tahun 2011 yang merupakan program Kementerian Pariwisata RI. “Sertifikasi bukan karena menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), tapi udah dilakukan sejak 2011 lalu. Hal ini agar pramuwisata Indonesia punya skill, wawasan, dan karakter yang baik,” jelasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Drs Reza Fahlevi MSi dalam sambutannya mengharapkan, semua pihak dapat bersinergi dalam mewujudkan “Halal Tourism” yang merupakan ciri khas wisata Aceh.

Adapun Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) wilayah Aceh, Zainuddin Johan SE menambahkan, hingga saat ini sebanyak 494 pemandu wisata Aceh sudah bersertifikasi. Pihaknya optimis pramuwisata Aceh siap menjamu wisatawan dengan kompetensi dan ciri khas sesuai kearifan lokal.(fit) 

Source : https://aceh.tribunnews.com/2016/05/07/pramindo-uji-125-pramuwisata-aceh

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?