Foto Bersama para peserta sertifikasi kompetensi smk bidang pariwisata tahun 2017 yang difasilitasi oleh kementrian pariwisata, yang dilaksanakan oleh LSP Pramindo, Rabu (29/3/2017). Pos Belitung/Krisyanidayati. 

POSBELITUNG.COM, BELITUNG – Sebanyak 31 siswa kelas XII SMKN 3 Tanjungpandan jurusan Usaha Perjalanan Wisata mengikuti sertifikasi kompetensi smk bidang pariwisata tahun 2017 yang difasilitasi oleh kementerian pariwisata, yang dilaksanakan oleh LSP Pramindo, Rabu (29/3/2017).

Para siswa yang didominasi kaum hawa ini, tampak rapi mengenakan seragam batik kombinasi blazer biru mengisi beberapa formulir di ruangan uji kompetensi. Raut wajah tegang menghiasi wajah-wajah mereka yang akan di tes asesor.

Sertifikasi uji kompetensi ini merupakan program kementerian, guna meningkatkan profesionalisme dan pengakuan bahwa yang bersangkutan sudah berkompten dibidangnya.

Staf Bidang Kurikulum Kementerian Pariwisata Trisiwi Dharmastuti mengatakan target kementrian untuk sertfikasi di sektor SMK mencapai 32.500 tenaga kerja kepariwisataan.

“Kemarin kita sudah laksanakan di Pangkalpinang 15-16 bidang hotel dan restoran, hari ini bidang perjalanan wisata, dan mungkin nanti akan ada bidang lainnya, kita berharap dengan adanya sertifikasi ini kita mampu bersaing dengan orang dari luar dalam menghadapi MEA,” katanya.

Perwakilan LSP Pramindo, Erwan Maulana mengatakan uji kompetensi yang akan diberlakukan kepada para siswa hanya yang bersifat dasar, berbeda dengan uji kompetensi untuk industri.

Menurutnya, apa yang akan diujikan tak jauh berbeda dengan kurikulum dan materi yang didapatkan siswa di bangku sekolah.

Metode tes yang akan dilakukan yakni, lisan, tulisan, dan simulasi.

“Ada 12 orang yang untuk pemandu, ada 21 orang untuk tiketing. Yang kami tes skill, knowledge and attitude. Ini yang harus kita uji untuk mengetahui kurikulum yang mereka pelajari ini apakah sudah sesuai dengan standar kompetensi kerja nasional Indonesia,” katanya.

Selengkapnya baca edisi cetak POS BELITUNG Kamis (30/3/2017).

Source : https://belitung.tribunnews.com/2017/03/29/siswa-smk-pariwisata-tanjungpandan-ikuti-uji-kompetensi

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?