Portaltuban.com – Sebanyak 83 peserta pemandu wisata (Guide) goa ikut serta mengikuti uji profesionalitas di area wisata Goa Akbar, Kabupaten Tuban, Pada Rabu (25/10). Hal ini untuk meningkatkan kemampuan pemandu wisata Goa.  

Dewan penggurus ASTAGA (asosiasi wisata goa indonesia) melaksanakan sertifikasi pemandu goa di Kabupaten Tuban.  Dalam pelaksanaan sertifikasi yang dilaksanakan di kawasan wisata goa Akbar Tuban, sejak hari selasa (24/10) hingga (25/10) ini pelaksana kegiatan ASTAGA bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata, Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pramindo,Badan nasional sertifikasi profesi dan Dinas pariwisata Tuban.  

Kata, Sekertaris Umum ASTAGA, Yudha Wira Pratama, Kegiatan ini gelar untuk meningkatkan kopentensi dan profesionalisme para pemandu wisata goa. Dengan sertifikasi ini para pemandu dan pengunjung wisata goa akan nyaman karena dengan sertifikasi ini dapat mengetahui banyak hal yang harus dilakukan mulai pra, plaksanaan dan penutupan dalam pemanduan wisata goa.   

“Dengan sertifikasi dapat meningkatkan profesionalisme pemandu,” ujarnya saat dikonfirmasi portaltuban.com dilokasi sertifikasi.  Dalam kesempatan yang Sama perwakilan LSP Pramindo, untuk menunjak kemampuan para pemandu wisata goa di seluruh indonesia seperti yang dilakukan di Kabupaten Tuban ini,adalah meningkatkan profesionalisme para pemandu dalam melaksanakan keguatan pemanduan wisata goa.   

“Dengan sertifikasi para pemandu ini akan berdampak positif terhadap semua komponen,” ujarnya pada awak media.   Selain itu, Dengan meningkatnya pelayanan dalam pelaksanaan pemanduan wisata maka akan meningkakan pendapat daerah, perekonomian baik perdagangan,perhotelan dan akan meningkatkan daya tarik wisata tersendiri. “profesional itu pemandu harus memenuhi tiga unsur yaitu Etika, Keahlian (skill) dan Pengetahuan (Knowledge),” terangnya.   

Kepala Bidang Pariwisata Tuban, Suwanto mengatakan, mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara sertifikasi kopetensi kerja sektor wisata bidang kepemanduan goa ini yang telah memilih Tuban sebagai pelaksanaan sertifikasi sehingga banyak warga masyarakat dapat mengikutinya dengan mudah setelah melengkapi persyaratan yang telah ditentukan.   

“Dengan pemandu ini berlisensi maka akan dapat melindungi para pemandu lokal dari serangan pemandu asing,” ujarnya saat dikonfirmasi via. Telphone. (Agil/Afi).

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?