Para Tour Leader anggota Indonesian Tour Leader Association ( ITLA) siap mengikuti uji kompetensi ( foto: ITLA).

JAKARTA, bisniswisata.co.id: Sedikitnya 100 tour Leader anggota dari Indonesian Tour Leader Association ( ITLA) akan melakukan ujian Sertifikasi Kompetensi Tour Leader awal Maret 2019, kata Robert A.Moningka, Wakil Ketua/Ketua Bidang SDM dan LITBANG, hari ini.

RI, ujarnya, telah menyepakati perjanjian
Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) untuk mewujudkan Wawasan ASEAN 2020 dan telah menandatangani  “Mutual Recognition Arrangement – Tourism Professional” (MRA-TP) yaitu keseragaman Standar Kompetensi Kerja Industri Pariwisata di kawasan ASEAN.

Untuk mengantisipasi masuknya tenaga asing ke Indonesia, Kementerian Pariwisata mewajibkan pelaku industri untuk sertifikasi kompetensi atau diberi pengakuan kompetensinya, melalui sertifikasi kompetensi yang dilaksanakan oleh para LSP di bidang Pariwisata.

“Berkaitan dengan hal tersebut diatas, ITLA bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Pramindo, mendapat alokasi anggaran dari Kemenpar untuk mensertifikasi para tour leader. Jadi peserta mendapat subsidi 100% alias gratis tinggal ikut ujian sana,” kata Robert A. Moningka yang akrab dipanggil Bobby.

Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Tour Leader ini akan diadakan pada Sabtu, 02 Maret 2019 di Hotel Sofyan Tebet Jl. Prof. Dr. Soepomo No. 23 – Jakarta Selatan. Untuk menjadi peserta a.l harus ada surat rekomendasi dari Asosiasi (ITLA), Sertifikat pelatihan terkait dan minimal pernah 3 (tiga) kali membawa tour keluar negeri.

“Bagi yang sudah memiliki sertifikat namun masa berlakunya habis dapat mengikuti perpanjangan (RCC – Recognition Current Competence) dengan membayar biaya sebesar Rp. 250.000 (non refundable),” tambah Bobby.

Persyaratan bagi yang ingin mengikuti perpanjangan/RCC a.l adalah
fotokopi sertifikat yang lama, pas foto warna 3×4 = 2 lembar, melengkapi form APL 01 dan 02, ID Card ITLA, surat rekomendasi dari ITLA, CV dan logbook

Menurut Bobby, untuk meningkatkan profesionalisme anggota, pihaknya hampir setiap bulan juga melakukan seminar, pelatihan, workshop seperti bulan Febuari ini membalas Problem Solving On Duty sehingga peserta dapat menambah wawasan pada saat menjalankan tugas dilapangan.

Sedangkan pada Januari 2019 pihaknya telah melangsungkan National Tour Leader Bootcamp di Villa Bukit Pancawati, Bogor dan untuk Maret mendatang ada pelatihan dengan tema Guiding Technique and  The Art of Communication.

Giatnya kegiatan pelatihan dan workshop di lingkungan ITLA membuat para anggotanya selalu bersemangat menambah wawasan. Untuk sertifikasi kompetensi dari 1500 anggota, tidak kurang dari 350 anggota yang telah ikut uji kompetensi.

Source : https://bisniswisata.co.id/sedikitnya-100-anggota-itla-akan-ujian-sertifikasi-kompetensi-tour-leader/

×

Powered by WhatsApp Chat

× How can I help you?